Juli 18, 2024
Ketahui Jenis-Jenis Investasi yang Aman untuk Dilakukan Pemula

Mengetahui jenis jenis investasi akan memberikan Anda gambaran mengenai produk investasi apa yang harus Anda pilih. Seperti yang Anda ketahui, saat ini, berinvestasi adalah gaya hidup yang wajib dilakukan. Dengan berinvestasi sejak dini dan teratur, Anda bisa melindungi nilai aset kita di masa depan.

Dengan menyisihkan sebagian kecil dari kekayaan melalui investasi, Anda akan membantu memenuhi kebutuhan Anda  di masa depan. Ada beberapa jenis investasi umum yang banyak diminati, yaitu investasi real estate melalui pembelian tanah atau pembelian apartemen atau rumah.

Jenis investasi ini dapat memberikan hasil yang menjanjikan di masa depan. Misalnya, jika Anda membeli rumah di Jakarta dengan lokasi yang strategis, maka harga jual rumah ini akan semakin naik dalam 5 tahun. Pentingnya berinvestasi tidak harus untuk keuntungan finansial saja. Melalui investasi kita dapat meningkatkan manajemen diri dalam pengelolaan dana yang tepat.

Jika ingin berinvestasi, berikut 4 jenis investasi aman dan menguntungkan yang bisa dicoba pemula.

Ketahui Jenis-Jenis Investasi yang Aman untuk Dilakukan Pemula

Deposito

Jika Anda menginginkan informasi mengenai investasi yang aman dan menguntungkan, deposito adalah salah satu jenis investasi yang bisa Anda coba terlebih dahulu. Deposito dapat digunakan sebagai alat investasi jangka pendek, dan jenis investasi ini mudah dipahami dari perspektif sistem bisnis.

Pada umumnya bunga yang dikenakan oleh bank untuk jenis simpanan investasi ini berkisar antara maksimal 2% sampai dengan 5%. Suku bunga ini juga bisa berubah karena mengikuti suku bunga acuan Bank Indonesia. Perlu diketahui bahwa untuk investasi deposito, Anda harus membayar pajak yang telah ditentukan sebelumnya.

 

Reksa Dana

Investasi reksa dana yang aman dan menguntungkan Siapa yang tidak tahu tentang reksa dana? Ya, reksa dana adalah salah satu jenis investasi dengan mengumpulkan uang dari investor yang kemudian dikelola oleh manajer investasi. Jenis investasi ini benar-benar aman dan sangat menguntungkan. Cara kerja investasi reksa dana cukup mudah dipelajari. Sudah banyak perusahaan yang menawarkan investasi dalam bentuk reksa dana, meski dengan jumlah investasi yang minim.

Berinvestasi di reksa dana aman jika kita memiliki manajer investasi yang bertanggung jawab mengelola portofolio pribadi. Selain itu, aktivitas reksa dana juga terbilang lebih aman karena diawasi oleh Komisi Jasa Keuangan (OJK).

 

Emas

Investasi emas adalah investasi yang paling aman dan menguntungkan. Sudah lama sejak masyarakat melakukan investasi semacam ini. Salah satu keuntungan berinvestasi emas adalah stabilitas harganya, ketahanannya terhadap inflasi, dan penjualannya yang mudah. Jadi, bagi masyarakat yang membutuhkan uang baru dengan cepat, bisa menjual emasnya.

Jenis investasi emas ini sangat fleksibel. Selain itu, investasi ini lebih aman untuk menghindari inflasi dan suku bunga yang lebih tinggi.

 

Peer to Peer (P2P Lending)

Berinvestasi di Peer to Peer (P2P Lending) merupakan salah satu jenis investasi jangka pendek yang banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat. Bagaimana cara kerja P2P? Peer to Peer Lending biasanya dilakukan secara online melalui platform website perusahaan. Jenis investasi ini memungkinkan kita untuk memberikan atau meminta pinjaman di antara kita tanpa menggunakan jasa bank.

Pinjaman Peer to Peer (P2P) diserap oleh perusahaan swasta. Bergantung pada jenis peminjam, investasi ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu pinjaman P2P konsumen dan pinjaman P2P produsen. Jika Anda ingin berinvestasi Peer to Peer (P2P), cari tahu semua informasi lengkapnya dengan perusahaan terpercaya, seperti misalnya Akselaran sebagai Peer to Peer Lending di Indonesia yang telah dipercaya oleh banyak investor untuk melakukan pendanaan sejumlah uang bagi nasabah atau peminjam.

Bagaimana menarik bukan? Ini adalah empat jenis investasi aman dan menguntungkan yang cocok untuk pemula. Dengan berinvestasi, Anda bisa mempersiapkan kondisi keuangan di masa depan dengan cara yang lebih terkontrol dan bebas rasa khawatir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *