Desember 7, 2022

Striker asal Senegal, Sadio Mane menyamai rekor Didier Drogba saat Liverpool mendekati babak final Liga Champions. Sadio Mane menginspirasi The Reds untuk meraih kemenangan penting. Liverpool semakin dekat ke penampilan final Liga Champions lainnya.

Penyerang Liverpool Sadio Mane menyamai rekor Didier Drogba sebagai pemain Afrika dengan jumlah gol terbanyak di babak sistem gugur Liga Champions UEFA. Penyerang berusia 30 tahun itu mencetak gol saat The Reds mengamankan kemenangan 2 0 atas Villarreal untuk merebut keunggulan di leg pertama semifinal antara keduanya. Misi Liverpool pada laga melawan Tim berjuluk Kapal Selam Kuning adalah untuk mendobrak dinding Villarreal yang hampir tidak bisa ditembus.

Dan setelah hampir satu jam mencoba, tim Liga Premier akhirnya mendapatkan terobosan mereka. Pertama, Jordan Henderson yang melihat umpan silangnya dibelokkan bek sayap Villarreal Pervis Estupinan ke gawang. 133 detik kemudian, Sadio Mane melanjutkan performa apiknya dengan menggandakan keunggulan tuan rumah lewat assist dari Mohamed Salah.

Dengan gol tersebut, penyerang Senegal itu menambah jumlah golnya di babak sistem gugur menjadi 14. Dengan 14 gol, dia menyamai rekor mantan pemain internasional Pantai Gading Didier Drogba sebagai pemain Afrika dengan jumlah gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions. Hebatnya, Sadio Mane mencapai jumlah 14 gol di fase knock out itu setelah bermain sebanyak 25 kali.

Sedangkan Didier Drogba meraih 14 gol itu setelah bertanding dalam 46 pertandingan. Sementara itu, Liverpool gagal menghasilkan lagi gol setelah meraih dua gol cepat mengakhiri hasil pertemuan malam itu. Namun, itu sudah cukup memberi mereka kesempatan untuk bisa lebih dekat lolos ke babak final.

Sadio Mane dan Mohamed Salah menjadi dua pemain Afrika yang menjadi duet maut bagi lawan lawan Liverpool. Sinergi keduanya menciptakan duet pemain Afrika yang paling produktif di Liga Champions. Dikutip dari statistik Opta, Assist Mohamed Salah untuk Sadio Mane adalah yang ketujuh kalinya jika digabung untuk kedua pemain yang menjadi satu gol di UEFA Champions League. Mereka (Salah dan Mane) adalah dua pemain terbanyak menyumbang asis dan gol untuk tim Inggris di kompetisi Liga Champions ini, menyamai Wayne Rooney & Ryan Giggs dan Mohamed Salah & Roberto Firmino.

Liverpool telah memenangkan sembilan pertandingan di Liga Champions musim ini; pertandingan terbanyak yang pernah mereka menangkan dalam satu kampanye kompetisi Eropa (tidak termasuk kualifikasi). Dalam hal pencapaian individu, manajer Liverpool Jurgen Klopp mengakhiri malam terbaik baginya. Pelatih asal Jerman itu kini telah memenangkan masing masing dari empat pertandingan kandangnya di semi final Liga Champions – tingkat kemenangan 100 persen terbaik bersama di semi final oleh satu orang manajer bersama Marcello Lippi dan Ottmar Hitzfeld.

Ketiganya menang empat kali di 4 laga kandang semifinal Liga Champions. Sadio Mané (14) Didier Drogba (14)

Mohamed Salah (11) Samuel Eto'o (10)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *